Kamis, 27 Oktober 2011

Pengertian, Tujuan dan Ruang Lingkup Dasar Ilmu Budaya


    Ilmu Budaya Dasar

    A. Pengertian, Tujuan dan Ruang Lingkup Ilmu Budaya Dasar

    Ilmu Budaya Dasar adalah ilmu yang mempelajari tentang pengetahuan dasar dan pengertian serta konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.
    Menurut Prof Dr.Harsya Bactiar ilmu dan pengetahuan dikelompokkan dalam tiga kelompok besar, yaitu :
    1. Ilmu-ilmu Alamiah ( natural scince ). Ilmu-ilmu alamiah bertujuan mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. Kajian ini menggunakan metode ilmiah, dapat 100% benar dan 100% salah.
    2. Ilmu-ilmu sosial ( social scince ) . ilmu-ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia. Kajian ini digunakan metode ilmiah sebagai pinjaman dari ilmu-ilmu alamiah. tidak dapat 100 % benar, hanya mendekati kebenaran. Sebab keteraturan dalam hubungan antara manusia ini tidak dapat berubah dari saat ke saat.
    3. Pengetahuan budaya ( the humanities ) ilmu-ilmu ini bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. Kajian ini digunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan kenyataan-kenyataan yang bersifat unik, kemudian diberi arti. Pengetahuan budaya (the humanities) dibatasi sebagai pengetahuan yang mencakup keahlian seni dan filsafat. Keahlian inipun dapat dibagi lagi ke dalam berbagai keahlian lain nya, seperti seni tari, seni rupa, seni musik,dll

    Tujuan Ilmu Budaya Dasar
    a. Mengusahakan kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya, sehingga mereka lebih mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru, terutama untuk kepentingan profesi mereka.
    b. Mengusahakan agar mahasiswa sebagai calon pemimpin bangsa dan negara serta ahli dalam bidang disiplin masing-masing, tidak jatuh ke dalam sifat kedaerahan dan pengkotakan disiplin yang ketat.
    c. Menguasahakan wahana komunikasi para mahasiswa agar mereka lebih mampu atau lebih lancar dalam berdialog satu sama lain.

    Ruang Lingkup dari Ilmu Budaya Dasar
    Berawal dari bertitik tolak dari kerangka tujuan yang telah ditetapkan, dua masalah pokok bisa dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup kajian mata kuliah IBD. Kedua masalah pokok itu adalah :
    1. Berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya (the humanities), baik dari segi masing-masing keahlian (disiplin) didalam pengetahuan budaya, maupun secara gabungan (antar bidang) berbagai disiplin dalam pengetahuan budaya.
    2. Hakekat manusia yang satu atau universal, akan tetapi yang beraneka ragam perwujudannya dalam kebudayaan masing-masing jaman dan tempat.

    Dari kedua pokok masalah di atas yang bisa dikaji dalam mata kuliah IBD, nampak dengan jelas bahwa manusia menempati posisi sentral dalam pengkajian. Manusia tidak hanya sebagai obyek pengkajian. Bagaimana hubungan manusia dengan alam, dengan sesame, dirinya sendiri, nilai-nilai manusia dan bagaimana pula hubungan dengan sang pencipta menjadi tema sentral dalam IBD.
    Pokok-pokok bahasan yang dikembangkan adalah :
    1.Manusia dan cinta kasih
    2.Manusia dan Keindahan
    3.Manusia dan Penderitaan
    4.Manusia dan Keadilan
    5.Manusia dan Pandangan hidup
    6.Manusia dan tanggungjawab serta pengabdian
    7.Manusia dan kegelisahan
    8.Manusia dan harapan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar