Kamis, 27 Oktober 2011

Manusia dan Keindahan


    E. Manusia dan Keindahan

    Keindahan adalah sesuatu yang indah, enak dipandang, berwarna, dan elok yang dapat kita lihat melalui secara mata atau penglihatan. Keindahan dipelajari sebagai bagian dari estetika, sosiologi, psikologi sosial, dan budaya. Sebuah “kecantikan yang ideal” adalah sebuah entitas yang dikagumi, atau memiliki fitur yang dikaitkan dengan keindahan dalam suatu budaya tertentu, untuk kesempurnaannya.
    Keindahan juga bersifat Universal yang tidak terikat oleh perorangan, waktu dan tempat dan selera mode.

    a. Keindahan dalam arti luas
    Keindahan dalam arti luas, menurut The Liang Gie, mengandung gagasan tentang kebaikan. dari pemikiran Plato, yang menyangkut adanya watak yang indah dan hukum yang indah, keindahan dalam arti luas ini juga meliputi :
    Keindahan Seni, keindahan yang berhubungan dengan hasil karya manusia seperti guci, lukisan dsb.
    Keindahan Alam, keindahan alam yang berasal dari Allah SWT. Manusia tidak dapat membuat keindahan alam ini tetapi manusia hanya dapat menjaga keindahan alam agar tetap tarjaga seperti pegunungan, perbukitan dsb.
    Keindahan Moral, keindahan yang bercerminkan sikap dan kesopanan dalam berprilaku sesorang.
    Keindahan Intelektual, keindahan yang berhubungan dengan pola dan cara berfikir seseorang dalam menyikapi suatu masalah.

    b. Nilai Estetika
    Kata estetika berasal dari kata Aesthesiss yang artinya perasaan atau sensitivitas, karena memang pada awalnya pengertian ini berhubungan dengan lidah dan perasaan. Pembahasan lebih lanjut mengenai estetika adalah sebuah filosofi yang mempelajari nilai-nilai sensoris, yang kadang dianggap sebagai penilaian terhadap sentimen dan rasa. Estetika merupakan cabang yang sangat dekat dengan filosofi seni. Nilai yang berhubungan dengan segala sesuatu yang tercakup dalam pengertian keindahan disebut Nilai Estetik.

    c. Membedakan nilai ekstrinsik dan nilai intrinsik
    Nilai instrinsik adalah nilai yang terkandung dari benda atau sesuatu itu sendiri, yang bersifat bersangkutan, atau sebagai suatu tujuan, ataupun demi kepentingan benda itu sendiri. contohnya, pesan puisi yang ingin disampaikan kepada pembaca melalui (alat benda). Nilai Ekstrinsik adalah nilai yang berasal dari luar benda yang bersifat baik dari suatu alat atau sarana untuk sesuatu hal lainnya (Instrumental/ Contributory value), yakni nilai yang bersifat sebagai alat atau membantu.

    Alasan kenapa manusia mencipta keindahan
    Keindahan itu pada dasarnya terbentuk secara alamiah. Semua Alam itu diciptakan oleh Allah SWT. Alamiah itu artinya wajar, tidak herlebihan tidak pula kurang. Sangat luas kawasan keindahan bagi manusia. Karena itu kapan, di mana, dan siapa saja dapat menikmati keindahan tersebut.

    Teori Renungan
    Merenung artinya diam-diam memikirkan sesuatu, atau memikirkan sesuatu dengan dalam – dalam. Renungan adalah pembicaraan diri kita sendiri atau pembicaraan dalam hati kita tentang suatu hal. Dalam merenung untuk menciptakan seni. Dalam merenung, ada beberapa teori antara lain : teori pengungkapan, teori metafisik dan teori psikologis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar