Senin, 19 Maret 2012

SEJARAH TAEKWONDO DUNIA

     Nama Taekwondo berasal dari bahasa korea yang terdiri dari tiga kata yaitu : Tae berarti menendangkan / menyerang dengan kaki, Kwon berarti tangan/menyerang dengan tangan dan Do berarti seni/disiplin. Jadi kata Taekwondo adalah seni / cara mendisiplikan diri atau seni beladiri yang menggunakan tekhnik kaki dan tangan kosong. Nama Taekwondo muncul pada tahun 1950 yang sebelumnya bernama Taek Kyon.

Taek Kyon sudah ada sekitar tahun 50 SM. Pada masa itu Korea terbagi kedalam 3 kerajaan yaitu:
  • Kerajaan Silla yang berdiri pada tahun 57 SM di dataran Kyongju tenggara, semenanjung Korea.
  • Kerajaan Koguryo yang berdiri pada tahun 37 SM di sungai Yalu, semenanjung Korea bagian utara. 
  • Kerajaan Baekche yang berdiri pada tahun 18 SM di daerah barat daya, semenanjung Korea.
     Raja Gwanggaeto adalah keturunan ke- 19 Kerajaan Koguryo. Sedangkan para prajurit Silla yang mengembangkan Taek Kyon disebut Hwarang dan perkumpulannya disebut dengan Hwarang-Do ( jalan mengembangkan masa dewasa ). Para anggota Hwarang-Do diajarkan sebagai macam disiplin ilmu seperti ; sejarah filosofi konfusius, etika, moralitas Buddha, puisi, menyanyi, menari, berkuda, memanah, bermain pedang, taktik militer dan Taek Kyon. Mereka juga memiliki prinsip dasar yang di tetapkan oleh para sarjana Buddha Wonkang yang disebut dengan " Lima aturan tingkah laku manusia " yang berbunyi :
  • Bersikap setia terhadap negaramu
  • Bersikap patuh pada orang tuamu
  • Bersikap dapat di percaya oleh temanmu
  • Pantang mundur dalam  pertempuran
  • Pantang membunuh secara tidak adil
     Penyebaran Taek Kyon ke seluruh Korea berlangsung antara tahun 669-935. Pada masa ini nama Taek Kyon lebih dikenal sebagai Subak.

     Pada masa Kerajaan Yi/ dinasti Chosun yang berkuasa tahun 1392-1910, terjadi beberapa peristiwa penting dalam perjalanan seni beladiri ini. Diantara terbit sebuah buku tentang ilustrasi seni beladiri yang berjudul Muyendobo-Tonji yang memuat gambar yang menyerupai bentuk/sikap ( poomse ) dan gerakan dasar/basic movement.

     Kwan atau sekolah yang mengajarkan seni beladiri khas Korea muncul pertama kali tahun 1945 di Yong Chun Seoul. Tempat latihan ini dinamakan Chung Do Kwan yang didirikan oleh Lee Won Kuk yang mempelajari seni beladiri Jepang Karate Shotokan. Pada tahun yang sama berdiri juga Moo Duk Kwan oleh Hwarangkee yang mempelajari seni beladiri Kuk Sool dari Manchuria Selatan dan Yun Moo Kwan yang didirikan oleh Chun Sang Sup yang menguasai dua seni beladiri Jepang Judo dan Karate.

     Tahun-tahun berikutnya berdiri beberapa Kwan lagi yaitu; Moo Kwan ( oleh Yoon Byung In ), Ji Do Kwan, Seng Moo Kwan dan Oh Do Kwan ( oleh Choi Hong Hi, yang kelak terkenal dengan organisasi Internasional Taekwondo Federation/ITF ). Gaya-gaya/jurus yang terkenal dalam setiap Kwan diantaranya ; Soo Bahk Do, Kwan Bop, Kong Soo Do, Tae Soo Do dan Dang Soo Doo.

     Pada tanggal 16 september 1961, Taekwondo berubah nama menjadi Taesoodo. Dan berubah kembali menjadi Taekwondo pada tanggal 5 agustus 1965 dengan organisasi nasionalnya yang bernama Asosiasi Taekwondo Korea ( Korea Taekwondo Association/KTA ).

     Pada tanggal 28 Mei 1973 berdiri organisasi dunia yang baru yaitu, World Taekwondo Federation ( WTF ) yang sebelumnya berdirinya diadakan World Taekwondo Championship di Seoul. Pada tanggal 25 - 27 Mei 1973 yakni pertandingan Internasional Taekwondo yang sejak kejuaraan tersebut maka diadakanlah kejuaraan-kejuaraan lain diseluruh dunia seperti Amerika Serikat, Amerika Utara, Jerman Barat dan Denmark. Sebelum berdiri WTF pada tahun 1972 Kukkiwon didirikan sebagai markas besar Taekwondo.

     Pada tahun 1974 Taekwondo diterima sebagai pertandingan resmi di Asian Games, lalu pada tahun 1975 diterima sebagai olahraga resmi oleh US Amatateur Athletic Union (AAU). Dan pada tahun 1976 diterima sebagai olahraga resmi oleh Internasional Council of Military Sports (CISM).

     Pada bulan Juli 1980, Taekwondo diterima dan diakui oleh Internasional Olympic Committee/IOC yang mulai dipertandingkan sebagai pertandingan ekshibisi pada olimpiade Seoul, Korea pada tahun 1988. Dan terpilih sekali lagi sebagai pertandingan ekshibisi pada olimpiade Barcelona Spanyol tahun 1992. Kemudian pada tahun 2000 di Sydney, Australia sebagai pertandingan resmi di olimpiade.

sumber :
buku sejarah Taekwondo

Nama : Dyah Sekar Ayu
Kelas  : 1 PA 07
NPM  : 17511957

Tidak ada komentar:

Posting Komentar